Selasa, 17 November 2015

Jenis-Jenis Kayu Putih

            Bahwa terdapat berbagai jenis “kayu putih” yang ada di dunia. Dunia loh.. bukan Indonesia saja. Berdasarkan Catatan peneliti, terdapat 300 Jenis kayu putih-kayu putih-an yang ada di Dunia. Kebanyakan tanaman tersebut tumbuh  di Australia dan sebagian lagi tumbuh di wilayah asia tenggara yaitu Indonesia, Malaysia, dan vietnam. Wilayah ini dikategorikan sebagai malesia. sementara, sebagian lainnya tersebar di wilayah New Caledonia.
Indonesia mempunyai beberapa jenis dan yang baru terdata yaitu : melaleuca leucodendron, M. Cajuputi Roxb dan M. Viridiflora Corn. Kayu putih bahasa ilmiahnya malaleuca.. nanti kayu putih sendiri nama spesiesnya adalah Malaleuca cajuput. semua jenis malaleuca ini termasuk dalam keluarga Myrtaceae.
Kayu putih
Pohon Kayu Putih Asal Indonesia
Tanaman Kayu Putih Sumber : perhutani
Tanaman Kayu Putih
Sumber : perhutani
Di Indonesia sendiri tanaman kayu putih tumbuh liar di wilayah Maluku (pulau Buru, Seram, Nusalaut, Ambon) dan Sumatera Selatan (sepanjang sungai Musi, Palembang), Sulawesi Tenggara, Bali, Nusa Tenggara Timur dan Irian Jaya. Di daerah tersebut tanaman kayu putih tumbuh secara alami, sedangkan tanaman yang diusahakan terdapat di Jawa Timur dan Jawa Barat, serta yogyakarta.
Akan tetapi, tanaman kayu putih di setiap daerah di indonesia berbeda-beda wangi dan spesiesnya. Untuk wilayah maluku ditemukan spesies kayu putih yaitu Malaleuca leucadendron dan Malaleuca cajuput. Kedua jenis ini juga tersebar di wilayah Sulawesi tenggara, Nusa Tenggara Timur dan Papua terutama di kawasan merauke. Untuk wilayah Merauke, tidak hanya ditemukan tanaman kayu putih dengan dua spesies diatas namun juga ditemukan jenis kayu putih M. Viridiflora Corn. Menurut saya pribadi, wilayah papua sangat dekat dengan benua Australia. Jadi mungkin saja banyak jenis kayu putih yang ada disana bila dieksplore lagi.
Jenis minyak kayu putih dengan spesies Malaleuca leuca dendron dan M. cajuput inilah yang merupakan kayu putih ASLI DAN SECARA TURUN TEMURUN DIUSAHAKAN DAN DIGUNAKAN OLEH NENEK MOYANG BANGSA INDONESIA. Bahkan tercatat dalam manuskrip sejarah dan catatan orang Pulau Buru (kebetulan kakek saya dulu adalah pengusaha dan eksportir kayu putih pada zaman belanda) bahwa minyak kayu putih ini sudah masuk jalur sutra untuk diperdagangkan. Belanda termasuk eksportir terbesar kayu putih indonesia setelah itu barulah cina.
Warisan minyak gosok dari kayu putih sendiri adalah warisan budaya bangsa dan awalnya berasal dari maluku. Karena pengusahaan kayu putih terbesar di Indonesia kala itu ada di Pulau Buru, Maluku. Bagi orang Maluku Penggunaan minyak kayu putih sebagai obat luar sudah diwariskan turun temurun. Bahkan hingga saat ini masyarakat masih menggunakan sistem dan peralatan suling tradisional yang diwariskan dari Zaman Belanda.
100_3072
Penyulingan Kayu putih menggunakan alat distilasi tradisional warisan Belanda di Pulau Buru, Maluku
Ketika berkembang penggunaan minyak kayu putih sebagai obat luar di Indonesia, pasokan bahan baku tidak memadai, sehingga perusahaan yang memproduksi minyak kayu putih ***LANG saat ini, harus mengimpor minyak eucaliptus (Eucalyptus globulus) dari China. Kemudian minyak eucaliptus tersebut dicampur dengan minyak kayu putih asal Pulau Buru, Maluku dan dijual sebagai minyak kayu putih. Hal ini sebenarnya sudah disampaikan juga oleh OWNERnya SENDIRI dalam konferensi nasional minyak atsiri 2013.
Nah, jadi selama ini kita memakai minyak eucalyptus gan, bukan kayu putih asli warisan nusantara. Walaupun memang secara khasiat sama dengan minyak kayu putih, namun wanginya berbeda. Untuk wangi minyak kayu putih asli indonesia ada mint-nya dan segar serta lebih enak dibanding dengan minyak kayu putih yang beredar sekarang. Akan tetapi karena kita telah terbiasa menggunakan minyak kayu putih saat ini, jika ditawarkan minyak kayu putih asli, kadang ada yang ragu. Bagi yang tinggal di wilayah maluku, papua dan sleman serta sentra kayu putih lainnya. mereka lebih senang menngunakan kayu putih asli dari Indonesia.
Untuk diketahui bahwa Minyak kayu putih asli indonesia dengan MUTU TERBAIK DAN WANGINYA KHAS yaitu berasal dari PULAU BURU, MALUKU. Minyak kayu putih ini sangat khas dan enak dibadan. Saya rasa ANDA PERLU MENCOBANYA daripada menyesal hehe.. bisa pesan ke saya ya :D
Sebenarnya dari minyak kayu putih yang banyak itu, apa sih yang membedakan dari satu dan lainnya?
ini pertanyaan yang bagus. Namun saya tidak mampu menjawabnya satu persatu dari segi ilmiah yang detail. Dari segi deskripsi yang saya kenal, minyak kayu putih dari M. cajuput mempunyai ciri khas yaitu kulit batangnya berwarna putih, sementara yang lainnya kebanyakan berwarna hitam. Minyak tea-tree termasuk dalam kategori kayu putih-an (spesies malaleuca juga). ciri khas tea tree adalah daunnya kecil-kecil seperti jarum, kulit batang hitam dan keras.
Berikut beberapa jenis minyak kayu putih-kayu putih-an deskripsi dan kegunaannya masing-masing.
  • Eucalyptus globulus (Minyak eukaliptus)
minyak ini dapat digunakan untuk mengobati luka, karena daya antimikroba dan atiseptiknya juga bagus. selain itu, eucaliptus dapat mengatasi samalah pernapasan seperti : batuk, pilek, flue, asma, bronkhitis dan lainnya. Minyak ini juga dapat bermanfaat untuk mengatasi kelelahan otot, mematikan kutu, untuk sakit gigi, anti serangga, dapat mengontrol kadar gula dalam darah sehingga baik untuk diabetes, namun harus gunakan yang pure dan pada dosis tertentu. mengatasi demam juga salah satu manfaat dari minyak eucaliptus.
  •  Malaleuca Viridiflora Corn
jenis kayu putih ini ada yang mempunyai kandungan metyl salisilat yang tinggi dn baik untuk mengurangi rasa capek saat olah raga. Ciri dari kayu putih jenis ini adalah daun pendek lebar dan buganya merah. Di indonesia, banyak tersebar di wilayah papua barat. secara tradisional minyak ini digunakan dengan cara inhalasi atau dimasukan dalam air mandi untuk mengobati batuk, pilek, hidung tersumbat/mampet, sakit kepala, demam, dan influenza.
  • Melaleuca alternifolia (tea tree oil)
Tanaman ini tersebar luas di bagian selatan Queensland dan utara sepanjang pesisir New South Wales. Minyak tea tree sangat baik untuk antimicroba. Minyak ini toxic jika digunakan malalui mulut atau ditelan. Minyak tea tree dapat digunakan untuk mengatasi jerawat dan infeksi bakteri dan jamur seperti untuk atasi ketombe, kutu , herpes , dan infeksi kulit lainnya.
  • Malaleuca Leuca dendron/malaleuca Cajuput (Kayu putih Indonesia)
manfaat dari minyak kayu putih ini yaitu sebagai antiseptik , kosmetik , bakterisida , insektisida , dekongestan , analgesik , ekspektoran , obat penurun panas , vermifuge , anti – spasmodik , anti – neuralgic , karminatif , stimulan , tonik , sudorific , dan substansi emenagogue (organicfacts.net)
Jika kita analisis minyak-minyak ini, kita dapat membedakan semua minyak tersebut dari komponen kimia utamanya yang namanya Cyneol atau eucalyptol. Semua minyak kayu putih mempunyai kandungan cyneol dan yang paling tinggi yaitu ada dalam minyak eucalyptus. Kisarannya yaitu 65-75%. Sementara dalam minyak kayu putih masih paling tinggi adalah 60%.
Presentation1
Komponen kimia minyak kayu putih indonesia
Cineol tersebut diteliti secara farmakologis mempunyai efek farmakodinamik yaitu sebagai agen mukolitik saluran napas, atau anti efek inflamasi, cineol mengurangi tingkat eksaserbasi pada pasien yang melami penyakit paru obstruktif kronik dan secara hipotesis dapat memberikan manfaat bagi penderita asma. Jadi minyak kayu putih baik untuk melegahkan dan baik untuk pernapasan.
Mutu minyak kayu putih Indoenesia
Mutu minyak kayu putih Indoenesia
Selain kandungan cineol, minyak kayu putih sendiri mempunyai komposisi kimia lainnya berupa zat aktif dan semuanya itu mempunyai peran yang berbeda-beda. Jadi jika kita menggunakan minyak kayu putih, bukan saja dapat efek terapi bagi paru-paru dan pernapasan, namun juga dapat memberikan efek menenangkan dan juga anti serangga.
Manfaat dari Minyak kayu putih  Sumber : organicfacts.net
Manfaat dari Minyak kayu putih
Sumber : organicfacts.net
Manfaat cajuput oil Sumber : OilHealtBenefits.com
Manfaat cajuput oil
Sumber : OilHealtBenefits.com
Sumber :https://nonakayuputih.wordpress.com/2015/08/09/minyak-kayu-putih-asli-warisan-nusantara/.
Semoga Bermanfaat :))

1 komentar: